IKA UBB Galang Dana Bantu Biaya Pengobatan Dede Setiawan, Penderita Pneumotoraks pada Tuberkulosis Milier

*Terkumpul dari para Alumni UBB sebesar Rp2,3 Juta

Pangkalpinang--Ikatan Keluarga Alumni Universitas Bangka Belitung (IKA UBB) menggalang dana membantu biaya pengobatan Anggota IKA UBB, Dede Setiawan (26 tahun).

Dede merupakan alumnus Teknik Pertambangan Fakultas Teknik UBB angkatan 2012. Pada Maret 2020 lalu, ia sempat dirawat di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Provinsi Bangka Belitung dan divonis oleh dokter menderita pneumotoraks pada tuberkulosis milier di paru-paru.

Setelah itu, ia menjalani tindakan operasi pemasangan selang ke dalam paru-parunya dan menjalani perawatan intensif kurang lebih selama 1,5 bulan untuk mengeluarkan banyak udara di dalam paru-parunya.

Ia sempat mengeluhkan masalah biaya untuk pengobatan di luar tanggungan BPJS Kesehatan, seperti akomodasi ke rumah sakit, membeli obat, perkembangan pemeriksaan seperti CT Scan, rontgen, dan biaya pengobatan lainnya di luar tanggungan BPJS.

Selesai menjalani operasi dan perawatan di RS, ia masih diharuskan kontrol setiap bulannya dan mengkonsumsi obat setiap hari.

Mengetahui kondisi salah satu alumni tersebut, akhirnya IKA UBB pada tanggal 4 - 18 Agustus 2020 melalui progam IKA UBB Berbagi berinisiatif menggalang dana dari para alumni untuk membantu Dede berjuang melawan penyakitnya agar dapat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa.

"Alhamdulillah, kegiatan donasi IKA UBB Berbagi telah selesai dilaksanakan. Terima kasih kepada seluruh donatur. Kami sampaikan jumlah uang yang terkumpul dalam kegiatan donasi ini total dananya sebesar Rp2,3 Juta. Semoga menjadi keberkahan dan amal ibadah untuk kita semua. Aamiin YRA," tulis Ketua IKA UBB, Andi Yusti di WAG "Keluarga Alumni UBB", Rabu (19/08/2020).

Andi berharap, program IKA UBB Berbagi ini dapat terus dijalankan secara kontinu sebagai wujud solidaritas alumni agar dapat membantu lebih banyak lagi alumni yang membutuhkan.

"Selanjutnya bagi alumni yang membutuhkan Insya Allah kegiatan IKA UBB Berbagi ini akan terus kita selenggarakan, tentunya dengan dukungan selalu dari alumni. Dan bagi alumni yang membutuhkan dapat menghubungi IKA UBB," imbuhnya.

Pada saat penyerahan bantuan, Sekretaris IKA UBB Apriansyah yang didampingi Pengurus IKA UBB dan Ketua Pengda. IKA UBB Kabupaten Bangka Tengah, Abdul Fakih, menyampaikan, bahwa bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari para alumni, dan ia berharap bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Melalui kegiatan IKA UBB Berbagi ini, kami harap dapat membantu meringankan beban keluarga alumni yang sedang terkena musibah atau dicoba sakit, mohon diterima bantuan dari keluarga alumni ini," ujar pria yang akrab disapa Otong ini pada saat menyerahkan hasil penggalangan dana IKA UBB kepada Dede Setiawan, Rabu, 19 Agustus 2020 di Pangkalpinang.

Saat menerima bantuan, dengan penuh haru Dede mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan solidaritas IKA UBB, serta semua pihak yang telah memberikan bantuan.

“Terima kasih kepada teman-teman IKA UBB melalui program IKA UBB Berbagi, terima kasih atas rasa simpatinya. Mudah-mudahan apa yang diberikan bermanfaat bagi saya. Semoga kita diberkahi oleh Allah SWT. Aamiiin," ucap Dede.